Latest News

6 Manfaat Internet dalam Kehidupan Umat Manusia

MANFAAT INTERNET - Internet adalah akronim dari interconnection-networking yang berarti jaringan antarkomputer yang saling terhubung satu sama lain. Internet menghubungkan satu komputer dengan seluruh komputer yang ada di dunia melalui jaringan nirkabel yang terstandar sistim global berupa internet protocol (IP). Internet sangat bermanfaat di era globalisasi seperti sekarang ini. Internet memungkinkan semua orang saling bertukar informasi dengan tanpa batasan ruang dan waktu. Kendati begitu, internet juga dapat menimbulkan beberapa dampak negatif bagi penggunanya. Berikut ini kami akan menjelaskan beberapa manfaat dari keberadaan internet dewasa ini di kehidupan umat manusia.
 Manfaat Internet
Manfaat Internet dalam Kehidupan Umat Manusia


Manfaat Internet

Dewasa ini, internet sudah dikenal luas hampir oleh semua orang di dunia. Berdasarkan pada prolog di atas, tentu banyak sekali manfaat internet yang dapat diperoleh. Manfaat internet tersebut menyeluruh hampir di berbagai bidang, baik itu pendidikan, bisnis, hingga komunikasi. Berikut ini manfaat internet dalam berbagai aspek kehidupan:

1. Manfaat internet untuk pendidikan

Sudah barang tentu, internet saat ini menjadi gudang ilmu pengetahuan bagi semua orang. Pameo yang menyebutkan bahwa buku adalah jendela ilmu akan segera menjadi usang karena keberadaan internet. Dengan internet, pengetahuan apapun bisa kita dapatkan asalkan tetap hati-hati dalam penggunaannya. Setiap informasi dari internet belum tentu benar semua jadi kita perlu melakukan filterisasi terhadap apa saja yang ada di internet.

2. Manfaat internet untuk hiburan

Tak dipungkiri salah satu manfaat yang saat ini dapat kita peroleh dari keberadaan internet adalah sebagai media hiburan. Dengan internet kita dapat menonton TV streaming, menonton video-video lucu, bermain game online, sosial media dan mendengarkan musik streaming dan radio langsung di depan komputer untuk sekedar melepas penat.

3. Manfaat internet untuk komunikasi

Dengan internet, komunikasi antar pengguna komputer tidak lagi terhambat dimensi ruang. Dengan adanya fitur perpesanan seperti email, chating, video call, dan lain sebagainya komunikasi menjadi lebih mudah dan murah.
 Manfaat Internet
Internet Menghubungkan Manusia Kita

4. Manfaat internet untuk pertukaran informasi

Manfaat internet untuk pertukaran informasi dapat diperoleh dari adanya media online yang dapat kita buka kapan saja. Koran, majalah, brosur, dan media cetak lainnya saat ini mulai ditinggalkan berkat keberadaan media online di internet seperti detikcom, kompas.com, liputan6.com, tempo.co, dan lain-lain.

 

5. Manfaat internet untuk bisnis

Internet juga dapat menjadi ladang bisnis baru. Saat ini sudah banyak pengguna internet di dunia yang memanfaatkan internet untuk meraup untung sebagai sumber penghasilan. Kita mungkin sering mendengar seseorang berjualan dengan menggunakan fasilitas toko online yang dapat dibuat di internet. Hal itu merupakan salah satu bukti bahwa internet bisa menjadi sumber mata pencaharian. Contoh lain dari manfaat internet sebagai bisnis baru adalah program pengiklanan, forum dan situs jual beli, jasa review, dan lain sebagainya.

 

6. Manfaat internet untuk ibadah

Siapa bilang internet tidak dapat digunakan untuk ibadah. Saat ini kita bisa berdakwah dan menyebarkan ilmu agama melalui internet. Bukankah menyebarkan dan mengajak seseorang kepada kebaikan juga merupakan salah satu bentuk ibadah.

Demikianlah 6 manfaat internet yang dapat kami sampaikan. Selain dapat memberi manfaat, dengan penggunaan yang tidak bijak internet juga dapat menimbulkan berbagai dampak negatif bagi penggunanya. Kenali beberapa dampak negatif internet tersebut di sini.

0 Response to "6 Manfaat Internet dalam Kehidupan Umat Manusia"