Latest News

7 Manfaat Minyak Bumi dalam Kehidupan Sehari-hari

MANFAAT MINYAK BUMI - Minyak bumi -dijuluki juga dengan sebutan “emas hitam”- adalah cairan kental yang berwarna coklat gelap kehijauan bersifat mudah terbakar diperoleh dari lapisan kerak bumi melalui proses penambangan sedemikian rupa. Minyak yang tersusun dari beberapa campuran kompleks hidrokarbon ini dalam bahasa Inggris disebut petroleum dan dalam bahasa Latin disebut petrus. Dalam kehidupan sehari-hari, minyak bumi menjadi salah satu bahan baku energi di seluruh dunia. Berikut ini mari kita simak beberapa hal terkait minyak bumi mulai dari proses penambangannya, produksi bahan jadi dan manfaatnya:
Manfaat Minyak Bumi dalam Kehidupan Sehari-hari
Manfaat Minyak Bumi dalam Kehidupan Sehari-hari

Proses Penambangan Minyak Bumi

Secara sederhana, proses penambangan minyak bumi dimulai dengan melakukan pemetaan kandungan minyak bumi di sebuah wilayah, penggalian sumur, pengambilan minyak, pemisahan minyak, gas dan air, dan terakhir pengolahan minyak bumi mentah menjadi berbagai produk bahan bakar siap pakai. Meski terlihat sederhana, sejatinya proses penambangan minyak bumi cukup rumit dan memerlukan berbagai aspek disiplin ilmu yang antara lain geologi (untuk pemetaan kandungan minyak), pertambangan (untuk pengeboran dan pembuatan sumur), kimia (untuk proses pengolahan minyak mentah), dan teknik mekanikal, sipil, dan elektro (untuk mekanisme penambangan). Untuk saat ini, di Indonesia hanya Pertamina sajalah yang berhak mengelola pertambangan minyak mentah. Hal ini sesuai dengan amanat Undang Undang Dasar 1945 pasal 33 yang menyatakan bahwa sumber daya yang menguasai hajat kehidupan orang banyak harus dikuasai negara.
Manfaat Minyak Bumi dalam Kehidupan Sehari-hari
AVTUR sebagai Bahan Bakar Mesin Jet


Setelah proses penambangan usai dilakukan, tahap selanjutnya adalah proses pengolahan minyak bumi mentah menjadi berbagai jenis produk bahan bakar yang selama ini kita gunakan. Produk bahan bakar jadi seperti avtur, bensin, solar, lilin, kerosin, LPG, dan lain-lain inilah yang selama ini kita manfaatkan untuk berbagai keperluan.

Manfaat Minyak Bumi dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam kehidupan sehari-hari, minyak bumi dimanfaatkan sebagai salah satu sumber energi tak terbarukan bagi berbagai jenis mesin. Minyak bumi sejatinya baru dapat dimanfaatkan bila telah diolah menjadi produk jadi. Dari produk jadi inilah manfaat minyak bumi baru dapat kita rasakan. Berikut produk jadi minyak bumi tersebut:
  1. Gas Elpiji – Gas elpiji adalah produk turunan minyak bumi yang diperoleh dari destilasi uap pada suhu kurang dari -40 derajat celcius. Nama elpiji sebetulnya merupaka singkatan dari LPG atau liquified petroleum gas yang berarti gas minyak bumi yang dicairkan. Komponen elpiji didominasi oleh hidrokarbon propana, butana, etana, dan pentana. Elpiji saat ini sering dimanfaatkan sumber bahan bakar rumah tangga dan bahan bakar kendaraan ringan.
  2. Bensin - Bensin adalah produk turunan minyak bumi yang diperoleh dari destilasi uap pada suhu antara -1 sampai 180 derajat celcius. Bensin dalam kehidupan sehari-hari secara luas digunakan sebagai bahan bakar berbagai kendaraan ringan seperti roda 2, roda 3, dan roda 4.
  3. Pelumas - Pelumas adalah produk turunan minyak bumi yang diperoleh dari destilasi uap minyak bumi pada suhu antara 105 – 135 derajat celcius. Pelumas sehari-hari digunakan sebagai minimalisator gesekan antar 2 benda bergerak pada mesin. Kita cenderung lebih mengenal pelumas dalam bentuk oli dan gemuk.
  4. AVTUR – AVTUR adalah produk turunan minyak bumi yang diperoleh dari destilasi uap minyak bumi pada suhu antara 150 – 205 derajat celcius. Nama AVTUR sebetulnya adalah akronim kata aviation turbine. AVTUR secara luas digunakan sebagai bahan bakar mesin jet pada pesawat terbang.
  5. Minyak Tanah - Minyak tanah adalah produk turunan minyak bumi yang diperoleh dari destilasi uap minyak bumi pada suhu antara 205 - 260 derajat celcius. Dalam bahasa Inggris, minyak tanah dikenal dengan sebutan kerosin. Minyak tanah dahulu dimanfaatkan sebagai bahan bakar lampu minyak namun dewasa ini fungsi minyak tanah beralih sebagai bahan bakar campuran untuk enegi penggerak mesin jet bersama AVTUR.
  6. Solar – Solar adalah produk turunan minyak bumi yang diperoleh dari destilasi uap minyak bumi pada suhu antara 260 – 315 derajat celcius. Solar digunakan secara luas sebagai bahan bakar mesin diesel pada kendaraan berat dan mesin-mesin produksi
  7. Aspal – Aspal adalah kerak terbawah dari hasil pemanasan minyak bumi. Bahan yang juga dikenal dengan sebutan bitumen ini dalam kehidupan sehari-hari umumnya digunakan sebagai lapisan teratas jalan raya. Dewasa ini, karena harganya yang semakin mahal fungsi aspal terbaru digantikan oleh beton.
Manfaat Minyak Bumi dalam Kehidupan Sehari-hari
Bensin sebagai Manfaat Minyak Bumi dalam Kehidupan Sehari-hari

Demikianlah beberapa fungsi dan manfaat minyak bumi dalam kehidupan sehari-hari yang biasa kita termukan. Selain minyak bumi, dewasa ini juga dikenal berbagai jenis minyak nabati misalnya seperti minyak jagung. Ketahui manfaat minyak jagung melalui link berikut ini [Manfaat Minyak Jagung].

5 Responses to "7 Manfaat Minyak Bumi dalam Kehidupan Sehari-hari"